Kegiatan berbicara merupakan sebuah keadaan dimana orang berkomunikasi dengan yang lainnya baik secara fisik maupun secara mental. Dalam proses belajar dan mengajar, kegiatan berbicara siswa menunjukkan kemampuan komunikatif siswa. Dengan demikian, kegiatan berbicara siswa perlu dipertimbangkan agar proses belajar dan mengajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini membahas mengenai kegiatan-kegiatan berbicara siswa yang dikategorikan menjadi lima indicator: mengungkapkan idea atau pendapat, menjawab pertanyaan, bertanya, berkomentar dan berdiskusi. Penelitian ini juga membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan-kegiatan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan mengenai kegiatan- kegiatan berbicara siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas sebelas IPA tiga di SMAN 2 Kotabumi Lampung Utara tahun ajaran 2016/2017. Kemudian, peneliti juga mencari faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan berbicara siswa. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas sebelas IPA. Lalu, sampel penelitian diambil dari kelas sebelas IPA tiga yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara bertujuan untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan rumusan masalah. Data diperoleh dari angket siswa, wawancara dan pengamatan yang merupakan bentuk dari data campuran penelitian kuantitatif dan kualitatif. Peneliti menemukan bahwa siswa kelas sebelas IPA tiga di SMAN 2 Kotabumi Lampung Utara tahun ajaran 2016/2017 memiliki aktivitas berbicara yang tinggi dengan persentasi 72.89%. Terdapat beberapa faktor yang memotivasi mereka dalam kegiatan berbicara; perlakukan guru, kepercayaan diri siswa, topik dan sikap teman kelas.