Permasalahan dalam penelitian ini adalahAdakah pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuanpemecahan masalah Bentuk Aljabar.Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah bentuk aljabar siswa kelas VII MTs Futuhiyyah 1 Bukit kemuningTahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Futuhiyyah 1 Bukit kemuning dan ditentukan kelas VII A dan VII B sebagai sampelnya. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam pelitian ini adalah tes soal uraian, yang terdiri dari 4 butir soal untuk pretest dan post-test, yang diberikan setelah perlakuan yang telah dihitung tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil uji t dengan melihat hasil post-test peserta didik diperoleh hasil thitung = 2,318 dan dengan menggunakan taraf signifikan 5% diketahui ttabel = 2,0024 hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran probing promptingterhadap kemampuan pemecahan masalah aljabar siswa kelas VII MTs Futuhiyyah 1 Bukit kemuningTahun Pelajaran 2019/2020.