Motivasi adalah aspek penting dalam belajar. Siswa harus memiliki motivasi sehingga siwa terdorong untuk belajar. Ada beberapa aspek yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar. Salah satu aspek tersebut adalah pengaturan tempat duduk. Ada banyak jenis formasi tempat duduk yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Salah satunya yaitu formasi huruf U. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa masih memiliki motivasi yang rendah dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa ketika menerapkan formasi huruf U sebagai pengaturan tempat duduk. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Adapun, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas sembilan dari SMP N 7 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran
2018/2019 dari kelas IX C yang terdiri dari 36 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil dari data analisis menunjukkan bahwa ada 24 siswa (67%) memiliki motivasi sedang,
12 siswa (33%) memiliki motivasi tinggi, dan 0 siswa (0%) memiliki motivasi rendah. Dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian tempat duduk huruf U membuat sebagian besar siswa kelas IX di SMPN 7 Kotabumi memiliki motivasi belajar sedang.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pengaturan Tempat Duduk, Tempat Duduk
Huruf U