Pemahaman membaca adalah kemampuan untuk membaca teks, proses dan memahami maknanya. Kemampuan individu untuk memahami teks, sifat-sifat dan keterampilan mereka, salah satunya adalah kemampuan untuk membuat pesan. Sebagai seseorang yang memiliki pemahaman membaca dan kemandirian belajar siswa cenderung menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, karena sebagian besar siswa masih memiliki prestasi yang buruk dalam bahasa Inggris yang mungkin disebabkan oleh beberapa permasalahan yang dikelola oleh mereka. Salah satu masalah lain yang terkait yaitu kemandirian belajar siswa. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada atau tidak hubungan antara Kemandirian belajar dan membaca siswa di kelas delapan MTsN 1 Kotabumi Lampung utara tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berwujud interaktif. Populasi penelitian ini adalah 192 siswa. Peneliti menerapkan teknik Proporsional random sampling untuk menentukan sampel penelitian. Sampel diambil 15% dari populasi dari masing-masing kelas, sehingga total sampel adalah 28 siswa dari masing- masing kelas. Kemudian, peneliti memberikan tes membaca pemahaman di tes pilihan ganda dengan total soal yaitu 25 item tes yang telah diuji dalam hal validitas dan reliabilitas. Kemudian, pengaturan diatur dalam bantuk angket adalah dengan total item yang pernyataannya 21. Hasil uji dari signifikan (t-test) ditemukan bahwa tobserved yaitu 3.344, lalu ttabel = 0.684, itu menunjukan bahwa tobserved> ttable. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemandirian belajar siswa dan membaca siswa di kelas delapan MTsN 1 Kotabumi Lampung Utara tahun ajaran 2020/2021.