Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran Aptitute Treatment Interaction terhadap hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X SMK Negeri 3
Kotabumi tahun pelajaran 2018/2019? Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Aptitute Treatment Interaction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aptitute Treatment Interaction terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 03 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 03 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik sampling purposif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk uraian sebanyak tiga soal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Aptitute Treatment Interaction terhadap hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 03 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019.