Perlindungan Hukum Bagi Tenaga Kesehatan dalam Pelayanan Keluarga Berencana (KB) (Studi pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lampung Utara)

Erytrina, Fransiska (2020) Perlindungan Hukum Bagi Tenaga Kesehatan dalam Pelayanan Keluarga Berencana (KB) (Studi pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lampung Utara). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
coverfransiska.pdf

Download (475kB)
[img] Text
bab1fransiska.pdf

Download (110kB)
[img] Text
bab2fransiska.pdf

Download (197kB)
[img] Text
bab3fransiska.pdf

Download (9kB)
[img] Text
bab4-5fransiska.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
daftarrujukanfransis.pdf

Download (99kB)

Abstract

Keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) tentunya tidak lepas dari kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang tenaga kesehatan, dalam hal ini yaitu kompetensi dalam bidang Pelayanan KB. Sebagai pemberi layanan kepada masyarakat tenaga kesehatan harus bekerja dengan teliti sesuai Standar Operasional Pelayanan (SOP).

Mengingat adanya resiko dalam setiap tindakan medis sangatlah perlu bagi petugas kesehatan membuat Persetujuan Tindakan Medis/Informed consent dan pengisian kartu status peserta KB sebelum melakukan tindakan medis dalam pelayanan KB. Yang menjadi dasar perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan dalam melakukan tugasnya. Didalam skripsi ini dijelaskan bagaimana perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan dalam pelayanan KB serta faktor penghambat dalam pelayanan KB.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan empiris ialah pendekatan yang dilakukan secara langsung dilapangan baik melalui wawancara dengan pihak terkait maupun dengan pengamatan secara seksama dilapangan.

Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, penulis menyimpulkan bahwa pelayanan KB yang dilakukan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lampung Utara masih perlu ditingkatkan dan juga perlu diadakannya pelatihan pemasangan IUD dan Implan bagi petugas kesehatan untuk menunjang kompetensi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan Keluarga Berencana (KB), karena masih banyak tenaga kesehatan yang belum terlatih dan hal ini sangat penting karena merupakan dasar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan KB demi terwujudnya pelayanan keluarga berencana yang optimal.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Tenaga Kesehatan, Pelayanan KB

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:11
Last Modified: 08 Sep 2021 04:11
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item