UPAYA KEPOLISIAN MEMBERANTAS PERJUDIAN SABUNG AYAM (Studi di Polres Lampung Utara)

Habibi, Febriansyah (2020) UPAYA KEPOLISIAN MEMBERANTAS PERJUDIAN SABUNG AYAM (Studi di Polres Lampung Utara). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER HABIBI.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB 1 HABIBI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2 HABIBI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB 3 HABIBI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB 4&5 HABIBI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
REFERENSI HABIBI.pdf

Download (10kB)

Abstract

Bentuk permainan yang ada dari zaman dahulu hingga sekarang yang masih ada di tengah-tengah masyarakat adalah Sabung Ayam. Sabung Ayam adalah permainan antara 2 ayam (ayam jago) dalam satu area, kedua ayam tersebut di adu hingga salah satu dari ayam tersebut kalah bahkan hingga mati, tetapi biasanya permainan sabung ayam ini juga identik dengan judi. Walaupun perjudian sabung ayam dilarang dan diancam dengan hukuman, tetapi masih saja banyak yang melakukannya.
Permasalahannya adalah bagaimana upaya Kepolisian Polres Lampung Utara memberantas sabung ayam dan apa faktor penghambat Kepolisian Polres Lampung Utara memberantas sabung ayam.
Pendekatan masalah di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan secara normatif, yaitu dengan cara melihat dan mempelajari buku-buku dan dokumen- dokumen serta peraturan-peraturan lainnya yang berlaku serta mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai norma atau kaidah yang berlaku dalam masyarakat dan menjadi acuan perilaku setiap orang.
Hasil penelitian diketahui bahwa upaya Kepolisian Polres Lampung Utara memberantas sabung ayam, dilakukan melalui langkah, yaitu upaya pre-emtif diantaranya penyampaian ke masjid-masjid, menugaskan Bhayangkara Pembina, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan melakukan penyuluhan hukum sedangkan upaya preventif dilakukan secara patroli, berkoordinasi dengan pihak kelurahan, RT/RW dan tokoh agama, menurunkan tim, mendirikan pos-pos penjagaan dan melakukan pemetaan dan untuk upaya represif yaitu dilakukan dengan cara melakukan penyelidikan dan mencari informasi, melakukan penyamaran serta melakukan operasi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu barang bukti disangkal oleh tersangka, tersangka memberi keterangan yang tidak benar tentang keberadaan barang bukti, kesulitan mencari informasi atau keterangan untuk dijadikan saksi, keluarnya surat ijin dari Ketua Pengadilan Negeri memakan waktu, keterbatasan personil, biaya, sarana dan prasarana, faktor penegak hukum, sarana dan fasilitas, faktor masyarakat, adanya pembackingan dari oknum-oknum tertentu, pelaku melarikan diri serta faktor kebudayaan.
Kesimpulan upaya Kepolisian Polres Lampung Utara memberantas sabung ayam, dilakukan melalui langkah upaya pre-emtif, preventif dan upaya refresif Sedangkan faktor penghambatnya yaitu barang bukti disangkal oleh tersangka, tersangka tidak mengakui tentang barang bukti, kesulitan mencari informasi atau keterangan untuk dijadikan saksi, pengurusan surat izin dari Ketua Pengadilan Negeri yang lama, keterbatasan personil, biaya, sarana dan prasarana, pelaku melarikan diri, adanya pembackingan serta faktor kebudayaan.

Kata Kunci: Upaya, Memberantas, Sabung Ayam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:20
Last Modified: 08 Sep 2021 07:21
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item