ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Pada Dinas Perhubungan Kotabumi)

Elliana, Meily (2021) ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Pada Dinas Perhubungan Kotabumi). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER MEILY.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB 1 MEILY.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB 2 MEILY.pdf

Download (940kB)
[img] Text
BAB 3 MEILY.pdf

Download (918kB)
[img] Text
BAB 4&5 MEILY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
REFERENSI MEILY.pdf

Download (294kB)

Abstract

Setiap rancangan pembangunan pusat kegiatan, pemukiman, dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan wajib melakukan analisis dampak lalu lintas (andalalin). Dengan adanya Analisis dampak lalu lintas diharapkan dapat diperhitungkan berapa besar rekayasa lalu lintas dan manajemen lalu lintas untuk mengatasi dampaknya. Karena perubahan tataguna lahan baik perubahan kategori maupun intensitasnya akan berpengaruh terhadap lalu lintas disekitarnya. Sedangkan Dinas Perhubungan mempunyai tugas perumusan kebijakan teknis dibidang perhubungan, sehingga analisis dampak lalu lintas di Kabupaten Lampung Utara menjadi kewenangan Dinas Perhubungan.
Tujuan dari penelitian adalah bagaimanakah efektivitas penyelenggaraan analisis dampak lalu lintas sebagai salah satu upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas dan apakah faktor penghambat efektivitas penyelenggaraan analisis dampak lalu lintas sebagai salah satu upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas pada Di nas Perhubungan Kotabum.
Metode pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan masalah secara normatif yang sumbernya diperoleh melalui bahan hukum primer, sekunder dan yaitu tertier. Bahan bahan hukum primer diperoleh melalui peraturan perundang- undangan. Bahan hukum sekunder diperoleh melalui buku-buku, makalah, tulisan ilmiah yang berkaitan dengan materi penelitian ini. Sedangkan bahan hukum tersier diperoleh melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia, kamus hukum, kamus bahasa inggris-indonesia, jurnal hukum, ensiklopedia dan lain-lain yang berkaitan
dengan penelitian ini.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Efektivitas penyelenggaraan Andalalin pada Dinas Perhubungan Kotabumi secara umum cukup efektif, hal ini tidak lepas dari kerja keras Dinas Perhubungan dalam mensosialisasikan, sasaran, Integrasi, adaptasi dan kurun waktu. Sedangkan faktor penghambat efektivitas penyelenggaraan analisis dampak lalu lintas pada Dinas Perhubungan Kotabumi yaitu masih terbatas sumber daya manusia tenaga ahli dibidang andalalin Dinas Perhubungan, pemohon andalalin, sarana dan prasarana, masyarakat, kurang koordinasi, kurang komunikasi dan tidak adanya sanksi bagi pengembang tentang dokumen andalalin.

Kata Kunci: Analisis, Dampak Lalu Lintas, Upaya Pencegahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:23
Last Modified: 09 Sep 2021 03:23
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item