TINJAUAN TERHADAP KEWENANGAN PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA (Studi Pada Wilayah Kecamatan Tanjung Raja)

Sari, Nela (2020) TINJAUAN TERHADAP KEWENANGAN PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA (Studi Pada Wilayah Kecamatan Tanjung Raja). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER NELA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB 1 NELA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB 2 NELA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 3 NELA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 4&5 NELA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
REFERENSI NELA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa didalam Pasal
26 ayat (2) huruf b menjelaskan bahwa seorang kepala desa memiliki wewenang dalam mengangkat dan memberhentikan perangkat desa.
Dalam menyusun skripsi ini penulis menemukan permasalahan sebagai berikut: Bagaimanakah prosedur pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, Siapakah pihak yang berwenang atas pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dan Apakah faktor pendorong dan penghambat dalam pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa.
Guna menjawab permasalahan yang ada, maka dalam penulisan skripsi ini menggunakan dua pendekatan yaitu normatif dan empiris.
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara, maka penulis menyimpulkan bahwa Prosedur Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa diatur dalam pasal 4 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun
2015. Pihak yang berwenang atas Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa ialah Kepala Desa setelah mendengar pendapat dari seorang camat sesuai dengan mekanisme yang telah diatur dan Faktor pendorong dan penghambatnya dalam Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat desa adalah kebutuhan terhadap bagian dalam pelaksanaan pemerintahan kepala desa dalam melakukan kebijakan yang disatukan dalam bentuk pelaksana.

Kepada Perangkat Desa Sindang Agung dan Panitia Penjaringan Perangkat Desa diharapkan dapat mempertahankan transparansi dan kredibilitas dalam melaksanakan seleksi calon perangkat desa.

Kata Kunci: Pengangkatan, Pemberhentian, Perangkat Desa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:47
Last Modified: 09 Sep 2021 03:47
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item