PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENGHINAAN ATAU PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi di Pengadilan Negeri Kotabumi)

Idham, Refki (2020) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENGHINAAN ATAU PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi di Pengadilan Negeri Kotabumi). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER REFKI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 REFKI.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB 2 REFKI.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB 3 REFKI.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB 4&5 REFKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
REFERENSI REFKI.pdf

Download (235kB)

Abstract

Pada zaman modern era globalisasi sekarang ini Informasi Transaksi dan Elektronik semakin berkembang sebagai akibat dari tuntutan berkembangnya jaman. Diiringi dengan bermunculan situs-situs Media Sosial di dunia maya yang menjadi mudah dalam berkomunikasi, menerima informasi atau berpindah kabar berita, berkembang nya tehnologi ini juga dapat berakibat negative dan apabila disalah gunakan akan berujung pada tindak pidana contoh nya tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik yang dilakukan melalui media sosial. Yang membuat korban merasa malu, terhina dan sakit hati tentunya dalam hal ini memerlukan langkah-langkah lebih lanjut dalam proses penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media sosial dengan cara penindakan penerapan hukumnya sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku.

Permasalahannya adalah Bagaimanakah penerapan pidana terhadap pelaku tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media sosial dan apakah faktor-faktor penghambat dalam penerapan pidana nya. Metode pendekatan masalah dalam penelitian adalah metode normatif yaitu dilakukan dengan berdasarkan bahan buku utama, menelaah hal yang bersifat teoritis menyangkut asas-asas hukum ,peraturan perundang-undangandan memintai keterangan kepada hakim selaku narasumber di pengadilan negeri kotabumi.

Berdasarkan penelitian bahwa penerapan pidana terhadap pelaku tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media sosial penerapan pidana sesuai dengan perundang- undangan yang berlaku seperti contoh kasus yang diteliti penulis pelaku di tuntut dengan
pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 ayat 1 UU nomor 19 tahun 2016 atas perubahan UU nomor 11 tahun 2008 hakim harus memiliki minimum 2 alat bukti yang sah macam-macam alat bukti seperti alat bukti, saksi ahli, keterangan saksi, dan keterangan terdakwa barulah hakim memperoleh keyakinan untuk menjatuhkan hukuman. Faktor penghambat dalam penerapan pidana nya faktor hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana dan fasilitas, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan yang paling sentral menurut penulis faktor penegak
hukum karena penegak hukum memiliki kedudukan dan peranan sangat penting dalam proses penegakan hukum sering melakukan tindakan yang bertentangan dengan ketentuan hukum sehingga menimbulkan berbagai masalah. Dalam berfungsi nya hukum penegak hukum, mentalitas dan kepribadian penegak hukum memainkan peranan sangat penting dalam proses penerapan pidana oleh karena itu penegak hukum menjadi sentral.

Kata kunci : Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial, Penerapan Pidana, Hakim

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:27
Last Modified: 09 Sep 2021 07:27
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item