SARI, NOVA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MEMFASILITASI SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTABUMI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
Text
COVER NOVA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1 NOVA.pdf Download (573kB) |
|
Text
BAB 2 NOVA.pdf Download (600kB) |
|
Text
BAB 3 NOVA.pdf Download (571kB) |
|
Text
BAB 4&5 NOVA.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text
REFERENSI NOVA.pdf Download (316kB) |
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah tidak tertariknya siswa dalam membaca materi akibatnya menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran berbentuk video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk video pembelajaran untuk memfasilitasi siswa dalam memahami konsep kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kotabumi berdasarkan penilaian uji kelayakan para ahli dan praktisi pendidikan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Penggunaan model ADDIE pada penelitian dan pengembangan ini dibatasi sehingga hanya tahap ADD (analysis, design, dan development). Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan waktu dalam melakukan penelitian. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) proses pengembangan produk yang telah dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini didapat melalui proses pembuatan produk, validasi dan revisi produk. (2) hasil penilaian
uji validasi oleh ahli materi adalah 92% berada pada kualifikasi “sangat layak”. (3) hasil penilaian uji validasi oleh ahli media adalah 80% berada pada kualifikasi “layak”. (4) hasil penilaian uji validasi oleh ahli bahasa adalah 86,7% berada pada
kualifikasi “sangat layak”. (5) hasil penilaian uji validasi oleh praktisi pendidikan
adalah 87,3% berada pada kualifikasi “sangat layak”. Berdasarkan penilaian para
ahli dan praktisi pendidikan maka disimpulkan bahwa media pembelajaran
berbentuk video pembelajaran untuk memfasilitasi siswa dalam memahami
konsep adalah layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat digunakan dalam pembelajaran secara tatap muka maupun dalam jaringan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jefri Ramdani |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 04:23 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 04:23 |
URI: | http://repository.umko.ac.id/id/eprint/157 |
Actions (login required)
View Item |