HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI POLA BILANGAN PADA PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 04 KOTABUMI TAHUN AJARAN 2020/2021

Parida, Parida (2021) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI POLA BILANGAN PADA PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 04 KOTABUMI TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER PARIDA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1 PARIDA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2 PARIDA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3 PARIDA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4&5 PARIDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
REFERENSI PARIDA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada saat pandemi seperti sekarang siswa belajar di rumah dengan demikian siswa mengandalkan kemandirian mereka dalam pembelajaran dan pemahaman matematis. Masalah penelitian ini yaitu adakah hubungan antara kemandirian belajar dengan pemahaman matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Pemahaman Matematis Materi Pola Bilangan pada Pembelajaran Daring Matematika Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04
Kotabumi Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 04 Kotabumi dengan jumlah 186 siswa. Sempel yang digunakan dari hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman matematis materi pola
bilangan (r11 = 0,745), dan angket kemandirian belajar (r11 = 0,870). Sebelum
dilakukan uji hipotesis dilakukan uji normalitas dengan menggunkan uji
Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan
pemahaman matematis materi pola bilangan dengan koefisien korelasi (rxy)
sebesar 0,406 (rhitung = 0,406 > rtabel = 0,329)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:54
Last Modified: 14 Sep 2021 04:54
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item