Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Materi Persamaan Garis Lurus Pada Pembelajaran Daring Matematika siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kotabumi Tahun Ajaran 2020/2021

Utami, Yuli (2021) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Materi Persamaan Garis Lurus Pada Pembelajaran Daring Matematika siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kotabumi Tahun Ajaran 2020/2021. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER YULI.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB 1 YULI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB 2 YULI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB 3 YULI.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB 4&5 YULI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENSI YULI.pdf

Download (175kB)

Abstract

Ditengah pandemi Covid-19 pemerintah menerapkan kebijakan mengharuskan proses pembelajaran tatap muka dihentikan sementara untuk memutus rantai penyebaran. Semua mata pelajaran dilakukan secara daring. Pada hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kotabumi masih rendah. Rendahnya hasil belajar disebabkan selama pandemi pembelajaran terjadi secara daring. Pada pembelajaran daring siswa memiliki kesulitan karena tidak semua siswa paham, siswa cenderung mudah putus asa dan malas ketika mengerjakan soal matematika,kurangnya intraksi antara guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar materi persamaan garis lurus pada Pembelajaran Daring Matematika Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kotabumi Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 04 Kotabumi dengan jumlah 186 siswa. Sempel yang digunakan dari hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin 36 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes hasil belajar materi persamaan garis lurus (r11 = 0,785), dan kecerdasan emosional (r11 = 0,780). Sebelum dilakukan uji hipotesis
dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas
dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar materi persamaan
garis lurus dengan koefisien korelasi (rxy ) sebesar 0,339 (rhitung = 0,339 >
rtabel = 0,329)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:34
Last Modified: 14 Sep 2021 06:34
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item