Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas XI TKJ SMK Tri Bhakti Subik Abung Tengah Tahun Pelajaran 2018/201

Selo, Ahmad (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas XI TKJ SMK Tri Bhakti Subik Abung Tengah Tahun Pelajaran 2018/201. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER SELO.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 SELO.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 2 SELO.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB 3 SELO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB 4&5 SELO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENSI SELO.pdf

Download (105kB)

Abstract

Hasil observasi terhadap siswa matematika SMK Tri Bhakti Subik Abung Tengah menunjukkan kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode guided inquiry berbantuan software geogebra terhadap pemahaman konsep matematika pada materi bangun datar siswa kelas xi tkj smk tri bhakti subik abung tengah tahun pelajaran 2018/2019 yang menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Desain Nonequivalent Control Group Design menggunakan tes kemampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ yaitu XI TKJ 1, XI TKJ 2, dan XI TKJ 3, dimana XI TKJ 1 dan XI TKJ 2 sebagai sampel penelitian. XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk soal uraian sebanyak 6 butir soal yang sudah di validasi dan divaliditas. Butir soal akan di uji reliabilitas dengan hasil r hitung (0,847) > kriteria r hitung (0,70) sehingga butir soal dinyatakan reliabel. Butir soal akan di uji pada kemampuan awal siswa (Pretest) lalu di uji keseimbangan dengan menggunakan uji t dengan hasil seimbang dengan hasil t hitung (0,03) < t tabel (1,998). Setelah mendapat perlakuan butir soal akan diuji pada kemampuan akhir siswa (Posttest) dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) diperoleh hasil t hitung =
3, 512, t tabel(0,05)(66) = 1,998 dan t tabel (0,01)(66) = 2,565. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga
kesimpulannya adalah ada Pengaruh Metode Guided Inquiry berbantuan Software
geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Datar
Siswa Kelas XI TKJ SMK Tri Bhakti Subik Abung Tengah Tahun Pelajaran
2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:22
Last Modified: 01 Dec 2021 04:22
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item