Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Anak Ratu Aji 2017/2018

Prasetio, Arif Komar (2019) Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Anak Ratu Aji 2017/2018. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER ARIF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 ARIF.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB 2 ARIF.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB 3 ARIF.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 4&5 ARIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
REFERENSI ARIF.pdf

Download (321kB)

Abstract

Berdasarkan observasi masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika khususnya pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel yang ditunjukkan dengan nilai ulangan, yaitu masih terdapat 70,27% siswa yang nilainya belum memenuhi KKM (Kriteria etuntasan Minimum) yaitu sebesar 70. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui letak kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita dalam materi sistem persamaan linier dua variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian in i menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 siswa yang ditentukan dengan purposive sampling. Instrumen utama yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sendiri dengan instrumen bantu berupa observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data adalah lembar observasi, dan tes wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan letak kesulitan belajar ke-5 subjek adalah pada penguasaan konsep dan penguasaan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesulitan belajar kelas VIII C adalah kesulitan pada penguasaan konsep dan kesulitan penguasaan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:21
Last Modified: 02 Dec 2021 07:21
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item