Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Bahan Ajar Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Segitiga dan Segi Empat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019

Irjayansyah, Irjayansyah (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Bahan Ajar Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Segitiga dan Segi Empat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER IRJA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 IRJA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB 2 IRJA.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 3 IRJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
BAB 4&5 IRJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
REFERENSI IRJA.pdf

Download (122kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 10
Kotabumi pada materi segitiga dan segi empat masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi segitiga dan segi empat yaitu menggunakan model pembelajaran probing prompting dengan pendekatan kontekstual berbantuan bahan ajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting dengan pendekatan kontekstual berbantuan bahan ajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah segitiga dan segi empat peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Kotabumi tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental dengan design penelitian Nonequivalent Control Group Design. Design Nonequivalent Control Group Design mengunakan tes kemampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Kotabumi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian sebanyak 6 butir soal yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) diperoleh hasil t hitung = 3,403 dan t tabel (0,05)(60) = 1,671. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting dengan pendekatan kontekstual berbantuan bahan ajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah segitiga dan segi empat peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Kotabumi tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:07
Last Modified: 13 Dec 2021 03:07
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item