Perbandingan Hasil Belajar Bilangan Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019

Putri, Muthia Agustina (2019) Perbandingan Hasil Belajar Bilangan Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER MUTIA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 1 MUTIA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 2 MUTIA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 3 MUTIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB 4&5 MUTIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
REFERENSI MUTIA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah perbandingan hasil belajar bilangan pecahan menggunakan model pembelajaran cooperative script dan cooperative integrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari empat kelas dan berjumlah 129 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling purposive dan diperoleh 64 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa adalah tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran CIRC lebih tinggi (60,31) dari nilai rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran cooperative script (48,91). Pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh t(0,05)(62)
= dengan hasil akhir (posttest) menggunakan uji dua pihak (uji-t)
diperoleh thitung = sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil menunjukkan perbedaan hasil belajar bilangan pecahan siswa menggunakan model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran cooperative script. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar bilangan pecahan siswa menggunakan model pembelajaran CIRC lebih tinggi dibandingkan siswa menggunakan model pembelajaran cooperative script pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:11
Last Modified: 13 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item