Triasa, Novita (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Learning Structure (CLS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Relasi dan Fungsi pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
![]() |
Text
COVER NOVITA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1 NOVITA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2 NOVITA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3 NOVITA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4&5 NOVITA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
REFERENSI NOVITA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam kemampuan pemecahan masalah materi relasi dan fungsi. Nilai rata- rata hasil kemampuan pemecahan masalah materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Kotabumi dapat dilihat pada nilai ulangan harian masih banyak yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) nilai matematika yaitu sebesar 70. Hal ini disebabkan karena keberhasilan belajar salah satunya ditentukan oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu metode pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu metode pembelajaran Cooperative Learning Structure (CLS). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Learning Structure (CLS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Relasi dan Fungsi pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasy Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
05 Kotabumi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan melakukan uji keseimbangan terlebih dahulu, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal uraian yang diberikan setelah perlakuan yang telah di uji validitas isi, taraf kesukaran, daya pembeda dan
reliabilitas instrumen. Berdasarkan data posttest diperoleh hasil thitung = 4,14 > t (0,05) (62) 1,999, hal ini berarti ada Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Learning Structure (CLS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Relasi dan Fungsi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 05
Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jefri Ramdani |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 03:17 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 03:17 |
URI: | http://repository.umko.ac.id/id/eprint/188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |