Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Sepak Bola Verbal terhadap Hasil Belajar Materi Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019

Erdalia, Okta (2019) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Sepak Bola Verbal terhadap Hasil Belajar Materi Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER OKTA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 OKTA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 OKTA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3 OKTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4&5 OKTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
REFERENSI OKTA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kotabumi tahun pelajaran 2017/2018 masih banyak dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 72. Hal ini disebabkan siswa mempunyai respon yang kurang terhadap materi yang disampaikan oleh guru, tidak adanya kesiapan siswa dalam menghadapi materi, dan sebagian besar siswa masih beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit hingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran sepak bola verbal terhadap hasil belajar materi bentuk aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental design dengan desain non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kotabumi dan ditentukan kelas VII D dan VII F sebagai sampel penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal uraian, terdiri dari 4 butir soal pretest yang diberikan sebelum dilakukan perlakuan dan posttest yang diberikan setelah perlakuan yang telah dihitung tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reabilitasnya. Berdasarkan hasil uji t dengan melihat hasil posttest siswa diperoleh hasil thitung = 2,607 > t(0.05)(60) = 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode pembelajaran sepak bola verbal terhadap hasil belajar
materi bentuk aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kotabumi tahun pelajaran
2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:26
Last Modified: 13 Dec 2021 03:26
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item