Nindiya, Yunida (2021) The Correlation Between Learning Motivation And Simple Present Tense Mastery At The Eleventh Graders Of SMAN 02 Kotabumi In Academic Year 2020/2021. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
![]() |
Text
COVER YUNIDA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1 YUNIDA.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
BAB 2 YUNIDA.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text
BAB 3 YUNIDA.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
BAB 4&5 YUNIDA.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
![]() |
Text
REFERENSI YUNIDA.pdf Download (387kB) |
Abstract
Penguasaan simple present tense merupakan dasar bahasa Inggris dalam aspek grammar yang penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh setiap siswa. Namun masih ada beberapa siswa yang belum menguasai simple present tense. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam pelajaran bahasa Inggris, terutama dalam menguasai simple present tense. Berdasarkan permasalahan tersebut yaitu: pertama, kurang semangat, keaktifan, inisiatif, dan kemauan sebagian siswa untuk belajar bahasa inggris, kedua, ada siswa yang kurang berminat mempelajari tata bahasa, yang ketiga, siswa malas mengingat atau menghafal bentuk simple present tense, keempat, motivasi belajar siswa kurang dalam menerapkan present tense terhadap empat keterampilan dasar yaitu; Berbicara, membaca, menulis, dan menyimak, kelima siswa kurang kosakata, keenam siswa sulit mengetahui arti kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan antara motivasi belajar siswa dan penguasaan simple present tense pada siswa kelas sebelas SMAN 02 Kotabumi tahun ajaran
2020/2021. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 352 siswa. Peneliti menggunakan teknik proporsional random sampling untuk mengambil sampel dari penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 40 item angket motivasi belajar dan 30 soal tes ketuntasan simple present tense. Setelah terkumpul data dari angket motivasi belajar siswa dan soal tes penguasaan simple present tense, kemudian dihitung menggunakan program excel untuk mengetahui korelasi kedua variabel tersebut. Dari hasil analisis diketahui bahwa hubungan 0,940 dengan taraf signifikan 5% (0,05). Hasil yang diperoleh dengan menggunakan r tabel dengan menggunakan rumus product moment dan juga tingkat kepercayaan 95%, dengan jumlah sampel
36 siswa diperoleh hasil 0,329, artinya robservasi (0,940)> rtabel (0,329). Kemudian dari analisis dengan menggunakan distribusi t didapatkan t hitung sebesar 22,376 dan t tabel dengan n-2 34 dengan taraf signifikansi 5% (0,05) sebesar 2,033, artinya tobservasi> ttabel dimana 22,376> 2.033. Jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan antara motivasi belajar dengan penguasaan simple present tense pada siswa kelas sebelas SMAN 02 Kotabumi Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Jefri Ramdani |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:29 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:29 |
URI: | http://repository.umko.ac.id/id/eprint/206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |