Factors Affecting Students’ Speaking Skill At The Third Semester In Universitas Muhammadiyah Kotabumi Academic Year 2019/2020

Prayuda, Febrian Eka (2021) Factors Affecting Students’ Speaking Skill At The Third Semester In Universitas Muhammadiyah Kotabumi Academic Year 2019/2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
coverfebrian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab1 febrian.pdf

Download (98kB)
[img] Text
bab2febrian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab3febrian.pdf

Download (277kB)
[img] Text
bab4-5febrian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
daftarrujukanfebrian.pdf

Download (168kB)

Abstract

Keterampilan berbicara adalah satu dari kemampuan manusia untuk memproses dan mengirimkan informasi secara langsung kepada orang lain secara oral dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat. Namun mahasiswa tetap memiliki masalah dalam aktivitas berbicara bahasa inggris disebabkan beberapa faktor. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagi berikut: apa faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara mahasiwa di semeter tiga di Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Penilitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara mahasiwa di semeter tiga di Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah interview sebagai data utama dan observasi sebagai data pendukung. Data diambil dari mahasiswa semester tiga yang terdiri dari 10 mahasiswa dari kelas A dan B. Hasil penitian menampilkan bahwa ditemukan enam faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara mahasiwa adalah faktor affektif, kondisi saat tampil, kemampuan mendengarkan, kebiasaan belajar di rumah, pemahaman topik, dan Umpan balik selama pembelajaran speaking. Faktor utama mahasiswa adalah gugup, mereka bisa lupa semuanya dan menjadi “blank” sebuah penomena dimana mahasiswa tidak bisa mangucapkan satu kata pun dan menjadi diam membisu, kemudian kecemasan terhadap kosakata, tatabahasa, pelafalan, kemampuan mendengarkan yang kurang baik untuk memahami pembicara karena akses mereka dan berbicara sangat cepat, kebiasaan belajar yang kurang efektif seperti mendengarkan musik dan menonton film dan sedikit menerapkan kebiasaan belajar seperti praktik berbicara bahasa inggris di depan kaca, dan berinteraksi dengan teman menggunakan bahasa Inggris, kurangnya pengetahuan terutama dalam topik acak yang diberikan dosen, dan salah memahmi makna dari komen yang diberikan dosen. Tapi di sisi lain mahasiswa yang pandai yang memiliki progress yang tinggi dalam keterampilan berbicara membuat kebiasaan yang luar biasa di rumah seperti melakukan monolog dan berbicara dengan teman- teman dari luar negara, dan memiliki beberapa cara untuk mengatasi gugup yang mereka alami seperti memegang sesuatu saat tampil, untuk mengatasi kemampuan mendengarkan mereka yang kurang baik mereka menggunakan intisari atau topik dan pemahaman topik, menyiapkan catatan kecil bukan kertas berisi naskah, menghafal dan memahami topik dan memberikan reaksi yang baik ketika dosen memberikan komen positif maupun negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:17
Last Modified: 13 Dec 2021 04:17
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item