An Analysis Of The Types Of Grammatical Cohesion Used In Essay Writing Applied By The Third Semester Students Of English Education Study Program At Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kotabumi Academic Year 2018/2019

Rahayu, Eva (2019) An Analysis Of The Types Of Grammatical Cohesion Used In Essay Writing Applied By The Third Semester Students Of English Education Study Program At Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kotabumi Academic Year 2018/2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER EVA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 EVA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 EVA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3 EVA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4&5 EVA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENSI EVA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengetahuan tentang kohesi gramatikal sangat penting untuk menciptakan teks yang baik dan sistematis serta membuat pembaca lebih mudah memahami informasi apa yang disampaikan di dalam teks tersebut. Namun, mahasiswa masih mengalami permasalahan dalam aktivitas menulis esai, seperti kesulitan dalam penggunaan dan juga penempatan kohesi gramatikal sehingga menghasilkan kurangnya kualitas tulisah esai yang dibuat oleh mahasiswa. Kemudian, peneliti mengobservasi hasil nilai dari menulis esai mahasiswa semester tiga pendidikan bahasa inggris yang terdapat perbedaan pemerolehan nilai dalam menulis esai. Karena itu, dalam penelitian ini peneliti ingin menganalis jenis-jenis kohesi gramatikal yang digunakan dalam menulis esai yang diterapkan oleh mahasiswa semester tiga pendidikan bahasa inggris di sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidika muhammadiyah kotabumi (STKIP). Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: apa saja jenis-jenis kohesi gramatikal yang digunakan dalam menulis esai yang diterapkan oleh mahasiswa semester tiga pendidikan bahasa inggris di sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan muhammadiyah kotabumi (STKIP). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis kohesi gramatikal yang digunakan dalam menulis esai yang diterapkan oleh mahasiswa semester tiga pendidikan bahasa inggris di sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan muhammadiyah Kotabumi (STKIP). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemudian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumen sebagai alat untuk mengumpulkan data. Selanjutnya, data tersebut ditulis dalam bentuk tulisan esai. Peneliti mengumpulkan data dengan menemukan bentuk-bentuk jenis kohesi gramatikal yang digunakan dalam penulisan esai, untuk menemukan kohesi gramatikal yang didalam teks dipilih berdasarkan karakteristik jenis kohesi gramatikal, yaitu referensi, substitusi, ellipsis, dan konjungsi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada 206 item jenis kohesi tata bahasa yang digunakan dalam penulisan esai oleh siswa. Masing-masing terdiri dari referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Dalam referensi, ditemukan 64 item. Kemudian, dalam substitusi ditemukan 2 item. Selanjutnya, di ellipsis ditemukan 1 item. Terakhir, dalam konjungsi ditemukan 139 item.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:39
Last Modified: 13 Dec 2021 07:39
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item