. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) Terhadap Pemecahan Masalah Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII MTs. Husnul Amal Kotabumi Tahun Pelajaran 2020/2021

Widiawati, Devi Putri (2021) . Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) Terhadap Pemecahan Masalah Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII MTs. Husnul Amal Kotabumi Tahun Pelajaran 2020/2021. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER DEVI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 DEVI.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB 2 DEVI.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB 3 DEVI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4&5 DEVI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENSI DEVI.pdf

Download (139kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi himpunan di kelas VIIdi MTs. Husnul Amal kotabumi Tahun Pelajaran 2020/2021 masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi himpunan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakahpengaruh penerapan model pembelajaran SAVIterhadap kemampuan pemecahan masalah materi himpunan pada siswa kelas VII MTs. Husnul Amal Kotabumi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperi mental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design mengunakan tes kemampuan awal(pretest) dan tes kemampuan akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIMTs. Husnul Amal Kotabumi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Purposive dan ditentukan kelas VII A dan VII B sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 4 butir soal yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan hasil operasional, yaitu Uji-t. Hasil perhitungan pada Uji-t diperoleh bahwa thitung = 4,140 dan ttabel (0,05)(48) = 2,013. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh bahwa thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran SAVIterhadap pemecahan masalah materi himpunan pada siswa kelas VII MTs Husnul Amal Kotabumi Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:57
Last Modified: 02 Dec 2021 07:57
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item