Analisis Pemakaian Morfem Terikat Dan Morfem Bebas Pada Lirik Lagu Karya Rossa Dalam Album Yang Terpilih Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas

Putria, Monica Suci (2021) Analisis Pemakaian Morfem Terikat Dan Morfem Bebas Pada Lirik Lagu Karya Rossa Dalam Album Yang Terpilih Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER MONICA.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB 1 MONICA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 2 MONICA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 3 MONICA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB 4&5 MONICA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
REFERENSI MONICA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaiamana pemakaian morfem terikat dan morfem bebas pada lirik lagu karya Rossa dalam album Yang Terpilih sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu morfologi bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menguraikan hasil dalam bentuk kata-kata. Digunakannya 14 lirik lagu karya Rosaa sebagai sumber data dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan ada 370 data yang di dalamnya terdapat morfem terikat (prefiks, infiks, sufiks, dan konfiks) dan morfem bebas. Namun, yang dibahas dalam penelitian ini berjumlah 131 data yang meliputi semua data morfem terikat dan beberapa morfem bebas. Hal ini dikarenakan bahwa morfem terikat tentu terjadi proses afiksasi morfologi dan akan muncul kata dan makna baru. Sedangkan morfem bebas telah memiliki makna tanpa harus ditambah dengan morfem lain. Berkaitan dengan 3 aspek penting dalam pemilihan bahan ajar, lirik lagu karya Rossa dalam album Yang Terpiih telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik. Oleh karena itu, lirik lagu ini layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bagi peserta didik di SMA.

Kata Kunci: Morfologi, Lirik Lagu, Album Yang Terpilih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:58
Last Modified: 13 Dec 2021 07:58
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item