Analisis Makna Gramatikal pada “Kumpulan Puisi Pagi Lalu Cinta” Karya Isbedy Stiawan ZS sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menegah Atas

Monalisa, Windi (2019) Analisis Makna Gramatikal pada “Kumpulan Puisi Pagi Lalu Cinta” Karya Isbedy Stiawan ZS sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menegah Atas. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER WINDI.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB 1 WINDI.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB 2 WINDI.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB 3 WINDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB 4&5 WINDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENSI.pdf

Download (278kB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah makna gramatikal pada Kumpulan Puisi Pagi Lalu Cinta Karya Isbedy Stiawan ZS sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna gramatikal pada Kumpulan Puisi Pagi Lalu Cinta Karya Isbedy Stiawan ZS sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini disesuaikan dengan tujuan penelitian, yaitu mendeskripsikan bentuk makna gramatikal pada Kumpulan Puisi Pagi Lalu Cinta Karya Isbedy Stiawan ZS sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bentuk makna gramatikal pada Kumpulan Puisi Pagi Lalu Cinta Karya Isbedy Stiawan ZS berjumlah 62 kutipan: makna gramatikal makna gramatikal afiksasi 38 kutipan, makna gramatikal reduplikasi 17 kutipan, makna gramatikal komposisi 3 kutipan, makna gramatikal akronimisasi tidak ditemukan kutipan, dan makna gramatikal proses konversi 4 kutipan. Berdasarkan tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia Kumpulan Puisi ini baik dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Selain itu, Kumpulan Puisi Pagi Lalu Cinta Karya Isbedy Stiawan ZS ini memenuhi kriteria bahan ajar dan banyak memberikan manfaat positif bagi siswa. Skripsi dalam bentuk makna gramatikal dapat digunakan oleh guru mata pelajaranbahasa Indonesia di sekolah menengah atas. Guru bisa menggunakan Kumpulan Puisi Pagi Lalu Cinta Karya Isbedy Stiawan ZS tersebut sebagai sumber alternatif pembelajaran makna gramatikal. Berdasarkan aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya siswa, kumpulan puisi ini dapat dijadikan alternatif bahan ajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas.

Kata kunci: makna gramatikal, puisi, karya Isbedy Stiawan ZS, bahan ajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:47
Last Modified: 14 Dec 2021 02:47
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item