Penyelesaian Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Pendekatan Restorative Justice (Studi di Wilayah Hukum Polres Lampung Utara)

Ramayanti, Destri (2021) Penyelesaian Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Pendekatan Restorative Justice (Studi di Wilayah Hukum Polres Lampung Utara). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER DESTRI.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB 1 DESTRI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2 DESTRI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 3 DESTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
BAB 4&5 DESTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
REFERENSI DESTRI.pdf

Download (65kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tindak pidana khususnya kecelakaan lalu lintas tidak semua harus diselesaikan melalui jalur pengadilan. Untuk mengetahui pertimbangan kepolisian dalam memediasi pelaku dan korban kecelakaan lalu lintas serta mengetahui apakah cara penyelesaian kasus kecelakaan lalu lintas diluar pengadilan dengan pendekatan restorative justice berjalan dengan baik, cara atau metode yang dilakukan petugas (polisi lalu lintas) untuk menyelesaikan kasus kecelakaan diluar pengadilan.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penyelesaian Kasus Tindak Pidana Kecelakaan Lalu Lintas yang Diselesaikan dengan Pendekatan Restorative Justice dan Apakah Penyelesaian Kasus Kecelakaan Lalu Lintas dengan Pendekatan Restorative Justice Berjalan dengan Baik Di Lampung Utara.

Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder, data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara langsung, observasi lapangan dan dokumentasi.

Dari penelitian ini penulis mendapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, Penyelesaian kecelakaan lalu lintas di luar pengadilan oleh Kepolisian Lampung Utara telah sesuai dengan tugas pokok, fungsi, kedudukan dan kewenangannya terlebih dahulu dikehendaki oleh kedua belah pihak, sehingga pihak Kepolisian dalam melakukan mediasi dengan mudah menyelesaikan persoalan antara kedua belah pihak, kecelakaan yang dapat diselesaikan atau dimediasi langsung oleh Kepolisian adalah kecelakaan ringan dan tidak mengakibatkan luka berat bahkan sampai menghilangkan nyawa seseorang. Kedua, Penyelesaian kecelakaan lalu lintas di luar Pengadilan oleh Kepolisian dianggap lebih baik dan lebih efektif karena memiliki proses yang lebih singkat, biaya yang lebih sedikit dan yang terpenting adalah kedua belah pihak lebih cepat dalam melakukan perdamaian dan saling memaafkan lalu mengakui kesalahannya serta telah menumbuhkembangkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kata Kunci: Penyelesaian kecelakaan, Lalu lintas, Restorative Justice

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:02
Last Modified: 14 Dec 2021 03:03
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item