Implementasi Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Terhadap Pembelajaran Online Masa Covid-19 (Studi Pada Universitas Muhammadiyah Kotabumi)

Fatimah, Sri Retno (2021) Implementasi Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Terhadap Pembelajaran Online Masa Covid-19 (Studi Pada Universitas Muhammadiyah Kotabumi). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER SRI.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 1 SRI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 2 SRI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB 3 SRI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 4&5 SRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
REFERENSI SRI.pdf

Download (102kB)

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 mempengaruhi sistem pendidikan yang mengarahkan pada sistem pembelajaran, Universitas Muhammadiyah Kotabumi menerapkan pembelajaran jarak jauh agar pembelajaran dapat terus berjalan untuk tercapainya fungsi dan tujuan pendidikan pada Pasal 3 Undang-undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Permasalahan yang hendak penulis kaji yaitu, bagaimana implementasi Pasal 3 Undang-undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional terhadap pembelajaran online masa COVID-19 dan, apa faktor penghambat implementasi Pasal 3 Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional terhadap pembelajaran online masa COVID-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan empiris yaitu metode penelitian dengan melihat langsung dan pengamatan pada objek dan keadaan yang ada di wilayah penelitian, Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer, dan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian skripsi ini dapat disimpulkan bahwa suatu kebijakan pembelajaran dapat dikatakan efektif dan berhasil bila dapat mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan sesuai dengan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 tahun
2003. Pada sistemnya, UMKO menerapkan kebijakan Work From Home dan belajar dari rumah untuk mahasiswa, serta menggunakan metode belajar secara daring. Komponen yang terlibat pada sistem pembelajarannya seperti pendidik, materi serta kurikulum, metode pembelajaran, sarana prasarana hingga lingkungan belajarnya dievaluasi untuk melihat berhasil atau tidaknya fungsi dan tujuan pendidikan diimplementasikan. Setelah dilakukan penelitian maka pada Universitas Muhammadiyah Kotabumi di masa COVID-19 fungsi dan tujuan pendidikan belum sepenuhnya tercapai dengan maksimal, melihat adanya kendala-kendala yang dirasakan dalam implementasinya. Faktor penghambat dalam penerapannya. yaitu kurangnya konsentrasi, sarana dan prasarana yang belum memadai, akses internet yang terbatas dan keterbatasan dalam penggunaan teknologi. Saran-saran penulis dalam skripsi ini yaitu selama belum ada solusi untuk menumpas pandemi maka pembelajaran online tetap harus dilakukan dan disarankan menggunakan metode blanded-learning, serta praktisi pendidik harus meningkatkan kreativitas agar dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menarik.

Kata kunci: Kebijakan, pendidikan, pembelajaran online, COVID-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:00
Last Modified: 16 Dec 2021 03:00
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item