Sources of Students’ Anxiety in Speaking at the Fourth Semester of English Education Study Program Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kotabumi.

Aprima, Hanja (2019) Sources of Students’ Anxiety in Speaking at the Fourth Semester of English Education Study Program Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kotabumi. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
cover.pdf

Download (930kB)
[img] Text
bab1hanja.pdf

Download (255kB)
[img] Text
bab2hanja.pdf

Download (347kB)
[img] Text
bab3hanja.pdf

Download (260kB)
[img] Text
bab4-5hanja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
daftarujukanhanja.pdf

Download (176kB)

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh pelajar, karena keterampilan ini biasanya digunakan untuk mengukur kemampuan serta menjadi kunci utama dalam kesuksesan belajar bahasa Inggris. Masalah dalam penelitian ini adalah banyak pelajar pada semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang merasa cemas untuk berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk memberikan gambaran tentang sumber-sumber kecemasan mahasiswa dalam berbicara pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester empat di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kotabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan sumber-sumber yang menyebabkan mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kotabumi merasa cemas selama pembelajaran berbicara di kelas dan dari sumber-sumber tersebut, sumber apakah yang paling dominan yang membuat mahasiswa merasa cemas dalam berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berfokus pada kecemasan siswa dalam berbicara pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester empat. Subjek dari penelitian ini, yaitu mahasiswa semester empat kelas B yang terdiri dari 9 mahasiswa; 8 perempuan dan 1 laki-laki. Dalam mengumpulkan data, Peneliti menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan teknik bola salju. Data kemudian dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu transkripsi data, reduksi data, menampilkan data, dan membuat simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 12 sumber yang menyebabkan mahasiswa merasa cemas berbicara bahasa Inggris. Dari 12 sumber tersebut, 6 sumber sesuai dengan teori Akkakoson dan 6 sumber lainnya di luar teori. Untuk 6 sumber yang sesuai dengan teori Akkakoson yakni kosakata (9 responden), kepercayaan diri (7 responden), tatabahasa/keakuratan berbahasa (6 responden), kesempatan untuk berbicara bahasa Inggris (2 responden), latar belakang bahasa Inggris (2 responden), dan sikap terhadap bahasa Inggris (1 responden). Sedangkan, untuk 6 sumber lainnya, Peneliti mendapatkannya dari penjelasan mahasiswa saat diwawancarai yaitu lingkungan kelas (4 responden), hafalan (4 responden), penguasaan topic (3 responden), lawan bicara dalam hal ini dosen (2 responden), pelafalan (1 responden), dan kondisi seseorang (1 responden). Kemudian, sumber yang paling dominan yang menyebabkan siswa merasa cemas dalam berbicara pada semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kotabumi tahun akademik 2018/2019 adalah kosakata.

Kata Kunci: Kecemasan Berbicara, Kualitatif Deskriptif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with email repository@umko.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:28
Last Modified: 05 Nov 2020 06:28
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item