The Barriers of Making Effective Communication in Englishof Third Semester Students of English Education Study Program University of MuhammadiyahKotabumi Academic Year 2019/2020.

Agustina, Anggi (2020) The Barriers of Making Effective Communication in Englishof Third Semester Students of English Education Study Program University of MuhammadiyahKotabumi Academic Year 2019/2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
coveranggi.pdf

Download (720kB)
[img] Text
bab1anggi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
bab2anggi.pdf

Download (180kB)
[img] Text
bab3anggi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
bab4-5anggi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
daftarrujukananggi.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang study hambatan komunikasi efektif yang terjadi pada mahasiswa semester tiga bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kotabumi tahun ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hambatan komunikasi apa saja yang terjadi pada mahasiswa bahasa Inggris dan seberapa besar pengaruh hambatan komunikasi efektif pada mahasiswa. Di penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif.Data dari penelitian ini di ambil dari hasil angket siswa dan wawancara dosen bahasa Inggris.Dan mengambil kelasA di semester 3 pada program pendidikan bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Kotabumi.Ada dua istrumen dalam penelitian ini, pertama adalah angket dan kedua adalah wawancara. Hasil dari penelitian peneliti menemukan 5 hambatan siswa dalam komunikasi efektif di kelas berbicara dengan persentase yaitu;hambatan bahasa untuk item positif memiliki 37,33% siswa yang memiliki hambatan,dan 63,87% siswa yang tidak memiliki hambatan. Lalu, untuk item negatif memiliki 82,5% siswa yang memiliki hambatan, dan
17,5% siswa yang tidak memiliki hambatan. Kedua, hambatan menyimak untuk item positif terdapat 19,8% siswa yang mengalami hambatan dan 80,2% siswa tidak memiliki hambatan. Kemudian untuk item negatif 83,10% siswa ada hambatan dan 17,15% siswa tidak ada hambatan. Ketiga, hambatan budaya dan lingkungan untuk item positif terdapat 45,84% siswa memiliki hambatan dan
54,17% siswa tidak memiliki hambatan. Kemudian, untuk item negatif 54,17% siswa memiliki hambatan dan 45,83% siswa tidak ada hambatan. Keempat, hambatan psikologis untuk item positif 46% siswa memiliki hambatan kemudian, untuk item negatif 54% siswa tidak memiliki hambatan. Kemudian, untuk item negatif 54,86% siswa ada hambatan dan 45,14% siswa tidak ada hambatan. Dan terakhir, hambatan guru untukmitem positif 20,6% siswa ada hambatan dan
78,91% siswa tidak ada hambatan. Kemudian, untuk item negatif 75% siswa memiliki hambatan dan 25% siswa tidak memiliki hambatan.Kesimpulannya, berdasarkan data dari nilai angket ada 66,66% mahasiswa bahasa Inggris semester tiga mengalami hambatan komunikasi efektif. Jadi, siswa bahasa Inggris harus praktik lebih banyak untuk kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris di dalam kelas, dngan memperkaya kosakata dan penguasaan tatabahasa. Karena berbicara adalah salah satu cara penting untuk siswa belajar lebih dalam proses belajar bahasa. Jadi, guru bahasa Inggris perlu menorong siswa untuk berkomunikasi di
kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartono
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:05
Last Modified: 19 Nov 2020 07:05
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item