Analisis Ekologi Karya Sastra pada Novel Rindu Terpisah di Raja Ampat karya Kirana Kejora sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas.

Amala, Emil (2020) Analisis Ekologi Karya Sastra pada Novel Rindu Terpisah di Raja Ampat karya Kirana Kejora sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
coveremil.pdf

Download (528kB)
[img] Text
bab1emil.pdf

Download (184kB)
[img] Text
bab2emil.pdf

Download (208kB)
[img] Text
bab3emil.pdf

Download (99kB)
[img] Text
bab4-5emil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
daftarrujukanemil.pdf

Download (103kB)

Abstract

Dalam penelitian ini dibahas ekologi karya sastra pada novel Rindu Terpisah di Raja Ampat karya Kirana Kejora sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ekologi alam dan ekologi budaya pada novel Rindu Terpisah di Raja Ampat karya Kirana Kejora. Metode yang digunakan, yaitu deskriptif dengan menguraikan hasil dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel ini berisi tentang ekologi alam dan ekologi budaya. Ekologi ini berkaitan dengan adanya interaksi manusia dan lingkungan alam, yaitu menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan menggunakan beberapa sikap, seperti sikap tanggung jawab, sikap peduli terhadap alam sesuai dengan budaya di Papua. Ekologi alam dan ekologi budaya tersebut digambarkan oleh tokoh bawahan, yaitu Karang. Tokoh Karangdapat dijadikan anutan oleh siswa sekolah menengah atas karena bernilai positif bagi perkembangan karakter peserta didik. Berkaitan dengan aspek pemilihan bahan ajar, yaitu aspek bahasa, psikologis, dan latar belakang budaya, novel Rindu Terpisah di Raja Ampat karya Kirana Kejora telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik. Oleh karena itu, novel ini layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bagi siswa menengah atas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repository@umko.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2020 04:39
Last Modified: 29 Dec 2020 04:39
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item