Analisis Tindak Tutur Langsung dan Tindak Tutur Tidak Langsung dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia dan Alternatif Pembelajarannya di Sekolah Menengah Atas

Leni, Leni (2018) Analisis Tindak Tutur Langsung dan Tindak Tutur Tidak Langsung dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia dan Alternatif Pembelajarannya di Sekolah Menengah Atas. Masters thesis, STKIP Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
BAB 1, 2, 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4,5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB)

Abstract

Tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung merupakan tindak tutur yang berfungsi untuk mengatakan atau menginformasikan sesuatu dan dipergunakan untuk melakukan sesuatu. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kedua jenis tindak tutur tersebut yakni tujuan tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia dan alternatif bahan pembelajarannya di sekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dideskripsikan berdasarkan fakta-fakta yang tampil sebagai mana adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah penggalan tuturan pada percakapan dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia yang mengandung tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Berdasarkan temuan penelitian, diketahui bahwa tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung yang ada dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia ditemukan 42 kutipan. Data tindak tutur berdasarkan jenisnya, yaitu tindak tutur langsung sebanyak 31 dan tindak tutur tidak langsung sebanyak 11 kutipan. Tindak tutur yang lebih dominan ada dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan adalah tindak tutur secara langsung. Tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung pada kajian ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan pembelajarannya di sekolah menengah atas pada kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repository@umko.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2020 07:49
Last Modified: 23 Jun 2020 13:03
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item