Motivation in Learning English Employed by The law-Medium-High Ability Students of the First-Year English Education Study Program at universitas Muhammadiyah kotabumi Academic Year 2019/2020/

Putri, Anita Eviana (2021) Motivation in Learning English Employed by The law-Medium-High Ability Students of the First-Year English Education Study Program at universitas Muhammadiyah kotabumi Academic Year 2019/2020/. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
coveranita.pdf

Download (590kB)
[img] Text
bab1anita.pdf

Download (126kB)
[img] Text
bab2anita.pdf

Download (221kB)
[img] Text
bab3anita.pdf

Download (168kB)
[img] Text
bab4-5okta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
daftarrujukananita.pdf

Download (116kB)

Abstract

Motivasi merupakan kunci kesuksesan dalam proses belajar bahasa Inggris. Mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi akan berusaha sebaik mungkin dalam pembelajaran meskipun materinya dirasa sulit. Sebaliknya, mahasiswa yang memiliki motivasi rendah akan merasa bosan dan bersikap acuh tak acuh dalam belajar meskipun materi yang diberikan mudah. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini mencoba untuk meneliti tentang motivasi belajar bahasa Inggris yang diterapkan oleh mahasiswa yang berkemampuan rendah-menengah-tinggi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun pertama di Universitas Muham- madiyah Kotabumi tahun ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris, jenis motivasi mahasiswa yang dominan, dan alasan-alasan terkait jenis motivasi yang dominan yang diterapkan pada sembilan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang meneliti sembilan mahasiswa tahun pertama program studi pendidikan bahasa Inggris dengan tiga tingkat kemampuan yang berbeda; kemampuan rendah; kemampuan sedang, dan tingkat kemampuan tinggi. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka sebagai teknik pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa semua mahasiswa (dengan tingkat kemampuan rendah, sedang dan tinggi) memiliki kedua motivasi tersebut (integratif dan instrumental), namun mereka lebih cenderung pada motivasi integratif dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini menjelaskan bahwa mahasiswa lebih dominan pada motivasi integratif daripada motivasi instrumental. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pertanyaan terbuka. Pertama, belajar bahasa Inggris membantu siswa mendapatkan wawasan baru tentang banyak hal yang berkaitan dengan bahasa Inggris, seperti gaya hidup, budaya, dan tradisi dari penutur asli. Kedua, dengan menguasai bahasa Inggris dapat memudahkan mereka berkomunikasi dengan penutur asli. Ketiga, mereka dapat membagikan ilmu yang telah diperoleh kepada orang lain. Keempat, mereka ingin berpartisipasi dengan bebas dalam berbagai kegiatan dengan kelompok yang menggunakan bahasa Inggris. Terakhir, mereka ingin mahir berbahasa Inggris sehingga mampu berperilaku seperti penutur asli. Hasil penelitian ini berbeda dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Wimolmas (2013). Temuannya menunjukkan bahwa responden memiliki motivasi tinggi pada motivasi instrumental dalam pembelajaran bahasa Inggris. Mereka termotivasi belajar bahasa Inggris untuk mendapatkan pekerjaan baik, untuk mempermudah ketika bepergian ke luar negeri dan untuk dapat lulus tes bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartono
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:19
Last Modified: 12 Jul 2021 07:19
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item