UPAYA PENCEGAHAN TINDAKAN PERSEKUSI (PERSECUTION) DALAM PERSPEKTIF PENANGGULANGAN KEJAHATAN (Studi di Polres Lampung Utara)

Prayoga, Chandra UPAYA PENCEGAHAN TINDAKAN PERSEKUSI (PERSECUTION) DALAM PERSPEKTIF PENANGGULANGAN KEJAHATAN (Studi di Polres Lampung Utara). Other thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
COVER CHANDRA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 CHANDRA.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB 2 CHANDRA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB 3 CHANDRA.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB 4&5 CHANDRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
REFERENSI CHANDRA.pdf

Download (467kB)

Abstract

Persekusi (persecution) pada akhir-akhir ini kini menjadi kata yang identik dengan kekerasan, tak beradab, sadis, keji dan bar-bar karena melakukan tindakan atas dasar amarah. Naluri liar tak berprikemanusiaan pun yang dikedepankan.

Permasalahan dalam skripsi ini adalah pertama apakah faktor-faktor penyebab terjadinya tindakan persekusi (persecution) ?dan kedua bagaimanakah upaya pencegahan tindakan persekusi (persecution) dalam perspektif penanggulangan kejahatan ?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan normatif dengan lokasi penelitian di Porles Lampung Utara, jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder, sumber data yang diproleh dari hasil penelitian lapangan yang dapat dilakukan baik melalui pengamatan maupun wawancara.Analisis data menggunakan analisis pendekatan kualitatif.

Hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya tindakan persekusi(persecution) adalah Faktor Kebutuhan Ekonomi, Faktor SDM (Sumber Daya Manusia) yang Rendah,Faktor Tidak Tersedianya Lapangan Pekerjaan yang Cukup, Faktor Anggapan Proses Hukum di Intervensi, Faktor Kehidupan Dunia Maya, Faktor Saling Ketidakpercayaan, dan Faktor Jumlah Personil Polisi yang Terbatas serta Upaya Pencegahan Tindakan Persekusi (Persecution)Dalam Perspektif Penanggulangan Kejahatan yaitu Patroli di Perbanyak,Meningkatkan Peran Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), Penegakan Hukum dan terakhir Pencegahan dengan Tanpa Pidana.

Saran penulis ialah faktor kehidupan dunia maya atau sering biasa disebut media sosial merupakan faktor yang paling serius dalam penyebab terjadinya persekusi akhir-akhir ini. Saran penulis berikutnya bagi pembaca terlebih generasi muda ialah bijak menggunakan media sosial, memahami informasi dan berhati-hati dalam menggunggah sesuatu ke media sosial dan berkomentar di akun media sosial orang lain serta meneliti dan mencari tahu informasi yang dilihat atau diterima apakah hoax (penyebaran berita bohong) atau tidak.

Kata Kunci : Faktor - Faktor Penyebab, Pencegahan , Persekusi (Persecution)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:06
Last Modified: 07 Sep 2021 07:24
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item