ANALISA FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERSANGKAAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN (Laporan Polisi Nomor : LP/100/XII/RES-LU/ SEK-KAI SELATAN)

Hadiwan, Febdi (2021) ANALISA FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERSANGKAAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN (Laporan Polisi Nomor : LP/100/XII/RES-LU/ SEK-KAI SELATAN). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER PEBDI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB 1 PEBDI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 2 PEBDI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB 3 PEBDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB 4&5 PEBDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
REFERENSI PEBDI.pdf

Download (11kB)

Abstract

Tindakan pidana atau kejahatan di dalam kehidupan masyarakat semakin berkembang terdiri dari berbagai macam bentuk dan jenis serta terorganisir dengan baik dengan modus operandi yang semakin beragam pula, sehingga membawa konsekuensi bagi aparat penegak hukum harus bekerja ekstra keras, tegas dan tanggap dalam memberantas dan mengungkap setiap sisi kejahatan yang terjadi, termasuk juga dalam hal kasus-kasus tindak pidana pembunuhan. Pembunuhan merupakan salah bentuk dari kejahatan terhadap nyawa seseorang yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (selanjutnya dibaca KUHP), mulai dari Pasal 338 sampai dengan Pasal 350 KUHP. Pasal 338 menyebutkan “Barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun”. Permasalahannya adalah faktor-faktor penyebab seseorang melakukan persangkaan tindak pidana pembunuhan Laporan Polisi Nomor : LP/100/XII/RES-LU/SEK-KAI Selatan dan faktor penghambat dalam melakukan penyidikan persangkaan tindak pidana pembunuhan Laporan Polisi Nomor : LP/100/XII/RES-LU/SEK-KAI Selatan.

Pendekatan masalah yang dipergunakan dalam penelitian ini pendekatan masalah secara normatif dan empiris. Pendekatan secara normatif dilakukan dengan jalan mempelajari, menelaah peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang dibahas, sedangkan pendekatan secara empiris dilakukan dengan melakukan wawancara dilapangan dengan pihak terkait yang menangani perkara ini yaitu kasus pembunuhan Laporan Polisi Nomor : LP/100/XII/RES-LU/SEK-KAI Selatan.

Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan seseorang melakukan persangkaan tindak pidana pembunuhan Laporan Polisi Nomor : LP/100/XII/RES-LU/SEK-KAI Selatan adalah faktor sakit hati dan dendam pelaku kepada si korban karena pernyataan cintanya ditolak dan pelaku memperoleh perlakukan yang tidak menyenangkan dari si korban, dimana korban melakukan penghinaan kepada pelaku sedangkan faktor penghambat dalam melakukan penyidikan persangkaan tindak pidana pembunuhan Laporan Polisi Nomor : LP/100/XII/RES-LU/SEK-KAI Selatan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain terbatasnya jumlah penyidik, minimnya anggaran penyidikan, belum memadainya sarana dan prasarana untuk menunjang kinerja penyidik. Sedangkan faktor eksternal kurangnya partisipasi saksi dalam memberikan keterangan pada proses penyidikan, dan keterangan tersangka yang berbeli-belit.

Kata Kunci: Faktor Penyebab, Persangkaan, Pembunuhan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:51
Last Modified: 09 Sep 2021 06:51
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item