TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN TUKAR-MENUKAR (BARTER) TANAH HAK MILIK (Studi Pada Kelurahan Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara)

Hidayanto, Rachmad (2021) TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN TUKAR-MENUKAR (BARTER) TANAH HAK MILIK (Studi Pada Kelurahan Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER RACHMAD.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB 1 RACHMAD.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB 2 RACHMAD.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB 3 RACHMAD.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB 4&5 RACHMAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
REFERENSI.pdf

Download (8kB)

Abstract

Perjanjian adalah suatu perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih, Perjanjian tukar-menukar adalah suatu perjanjian, dengan mana kedua belah pihak mengikatkan dirinya untuk saling memberikan suatu barang secara bertimbal balik sebagai suatu ganti barang lainnya. Pengertian ini juga sama halnya dengan pengertian perjanjian tukar- menukar pada umumnya yang termuat dalam Pasal 1541 KUH Perdata yang berbunyi: “Perjanjian tukar-menukar adalah suatu perjanjian, dengan mana kedua belah pihak mengikatkan dirinya untuk saling memberikan suatu barang secara bertimbal balik sebagai suatu ganti barang lainnya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana bentuk dan isi perjanjian tukar-menukar tanah hak milik dan Bagaimana perlindungan hukum terhadap para pihak dalam perjanjian tukar-menukar tanah hak milik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian sosio- legal. Penelitian sosio-legal dikenal juga sebagai penelitian nondoktrinal. Penelitian nondoktrinal menempatkan hasil amatan atas realitas-realitas sosial untuktidak ditempatkan sebagai proposisi umum. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Bentuk dan isi perjanjian tukar-menukar tanah hak milik, apabila memenuhi syarat sahnya suatu perjanjian akan tukar menukar menurut Hukum Perjanjian dan memenuhi syarat sahnya suatu perbuatan hukum pemindahan hak menurut Hukum Tanah Nasional. Sebelum mengadakan tukar menukar hak atas tanah, para pihak harus terlebih dahulu sepakat untuk mengadakan perjanjian akan tukar menukar Keabsahan suatu tukar menukar hak atas tanah ditentukan dari 2 (dua) hal yaitu, sahnya suatu perjanjian akan tukar menukar dan sahnya suatu perbuatan hukum pemindahan hak dan Perlindungan hukum terhadap para pihak dalam perjanjian tukar-menukar tanah hak milik, perlindungan hukum diatas, dapat dikatakan perlindungan hukum untuk Tukar Menukar hak milik atas tanah adalah upaya pencegahan agar tidak terjadi benturan kepentingan. Benturan kepentingan yang dimaksud adalah benturan kepentingan antara Penukar disatu pihak dengan dipihak lainnya. Saran penulis ialah, sebelum melakukan transaksi tukar menukar tanah melakukan pemeriksaan mengenai asal-usul tanah yang akan di tukar, apakah tanah tersebut tanah adat yang diwariskan ataupun tanah milik pribadi.

Kata Kunci: Tinjauan Yuridis, Tukar-Menukar (Barter), Tanah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:11
Last Modified: 09 Sep 2021 07:11
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item