SANKSI PIDANA TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PELECEHAN SEKSUAL (Studi perkara nomor 4/Pid.Sus-Anak/2020/PN Kbu)

Ningsih, Trya Ardiana (2021) SANKSI PIDANA TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PELECEHAN SEKSUAL (Studi perkara nomor 4/Pid.Sus-Anak/2020/PN Kbu). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER TRYA.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 1 TRYA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 2 TRYA.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB 3 TRYA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB 4&5 TRYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
REFERENSI TRYA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Sanksi pidana adalah suatu hukuman sebab akibat, sebab adalah kasusnya dan akibat adalah hukumannya, orang yang terkena akibat akan memperoleh sanksi baik masuk penjara ataupun terkena hukuman lain dari pihak berwajib. Pemberian sanksi pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pelecehan seksual, didalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap anak maka perlu dipertimbangkan terlebih dahulu keadaan yang memberatkan dan yang meringankan anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah faktor-faktor penyebab anak melakukan tindak pidana pelecehan seksual dan bagaimana sanksi pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pelecehan seksual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif dengan lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Kotabumi, jenis data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder, sumber data yang diperoleh dari hasil studi pustaka dan studi lapangan yaitu wawancara. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif, dengan pendekatan terhadap data primer dan data sekunder. Deskriptif tersebut, meliputi isi dan struktur hukum positif, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh penulis untuk menentukan isi atau makna aturan hukum yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang menjadi objek kajian. Kualitatif yaitu prosedur penelitian berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pemberian sanksi pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pelecehan seksual telah sesuai. Dan faktor-faktor penyebab anak melakukan tindak pidana pelecehan seksual adalah faktor internal, faktor daya emosional dan faktor usia. Faktor eksternal, faktor lingkungan, ekonomi, internet,agama, serta pengawasan orang tua. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor penyebab anak melakukan tindak pidana pelecehan seksual dibagi menjadi dua yaitu internal dan ekternal. Dan pemberian sanksi pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pelecehan seksual, anak diputus oleh hakim dengan putusan pidana penjara satu tahun dan satu bulan pelatihan di LPKA Klas II B Bandar Lampung. Saran penulis ialah diharapkan dalam pemberian sanksi pidana terhadap anak sebagai pelaku hendaklah tetap memperhatikan hak-hak anak.

Kata Kunci : Sanksi Pidana, Pelecehan Seksual,Anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:57
Last Modified: 09 Sep 2021 07:57
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item