Pengaruh Penggunaan Bahan ajar Komik Matematika Berbasis Edutainment terhadap Pemahaman Konsep Lingkaran Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Utara Tahun Pelajaran 2018/2019

Elvidasari, Septi Nur (2019) Pengaruh Penggunaan Bahan ajar Komik Matematika Berbasis Edutainment terhadap Pemahaman Konsep Lingkaran Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER SEPTI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB 1 SEPTI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB 2 SEPTI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB 3 SEPTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB 4&5 SEPTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
REFERENSI SEPTI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep lingkaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara hal-hal yang menjadi faktor kurangnya pemahaman konsep lingkaran yaitu terdapat pengaruh siswa yang malas belajar, sikap siswa yang kurang berani dalam mengemukakan pendapat dan tidak mau bertanya tentang materi yang kurang dipahami serta bahan ajar yang digunakan cenderung monoton sehingga berpengaruh terhadap pemahaman konsep lingkaran. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar komik matematika berbasis edutainment terhadap pemahaman konsep lingkaran siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Lampung Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental design dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 lampung Utara dan ditentukan kelas VIII A dan VIII B sebagai sampel penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal uraian, terdiri atas 5 butir soal yang telah dihitung tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji t dengan melihat data Gain siswa diperoleh hasil thitung = 2,661 > ttabel = 1,668. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan bahan ajar komik matematika berbasis edutainment terhadap pemahaman konsep lingkaran siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Lampung Utara Tahun Pelajaran 2018/2019”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:21
Last Modified: 13 Dec 2021 03:21
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item