Pembelajaran Bahasa (Indonesia) sebagai Sarana Pengembangan Karakter Bangsa

Sumarno, sumarno (2015) Pembelajaran Bahasa (Indonesia) sebagai Sarana Pengembangan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional: 3. pp. 25-34. ISSN 978-602-72573-0-6

[img] Text
Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Sarana Pengembangan Karakter Bangsa.pdf - Published Version

Download (864kB)

Abstract

Krisis multidimensi di Indonesia disebabkan oleh menipisnya karakter luhur bangsa; bukan karena masalah kecerdasan intelektual. oOleh karena itu, dunia pendidikan harus segara mengambil langkah-langkah strategis untuk mengembalikann generasi penerus bangsa agar mengenali diri sendiri dan menemukan kembali identitas sejati dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Ini berarti harus dilakukan upaya menumbuhkembangkan karakter diri untuk kemudian secara bersama-sama melakukan pembangunan dan pengembangan karakter bangsa sehingga pada gilirannya akan mampu menghidupkan kembali identitas dan kebanggaan bangsa. Upaya pembangunan dan pengembangan karakter harus dilaksanakan secara terencana, tersistem, dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh dimensi hasil belajar yang meliputi domain kognitif, afektif, dan psikomotor, serta terintegrasi dalam semua bidang studi. Dalam praktik pemelajaran bahasa Indonesia, pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan, misalnya, dengan menghindari ujaran yang bertentangan dengan nilai-nilai mulia budaya bangsa Indonesia, ppemilihan model pembelajaran yang tepat, dan keteladanan pendidik, terutama dalam bertutur kata.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hartono
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:41
Last Modified: 15 Jul 2020 04:41
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item