Tindakan Hukum Polri Terhadap Oknum Ormas Yang Melakukan Kekerasan Kepada Aparat Keamanan Dalam Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum (Studi LP /661 /V /2018 /Polda Lampung /Spk Polres Lampung Utara)

Tanto, Meta Wahyu (2021) Tindakan Hukum Polri Terhadap Oknum Ormas Yang Melakukan Kekerasan Kepada Aparat Keamanan Dalam Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum (Studi LP /661 /V /2018 /Polda Lampung /Spk Polres Lampung Utara). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER META.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB 1 META.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 2 META.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 3 META.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
BAB 4&5 META.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
REFERENSI META.pdf

Download (88kB)

Abstract

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan Negara Indonesia di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi memberikan banyak arti penting yang apabila dijabarkan dan diterapkan akan membuat kehidupan bernegara terasa adil dan nyaman. Salah satu bagian penting dari demokrasi ialah sebuah kebebasan yaitu suatu keadaan yang tidak terganggu, tidak terhalang dan sebagainya sehingga dapat bergerak, berbicara dan berbuat dengan leluasa. Kebebasan yang bersifat mendasar diantaranya adalah kebebasan untuk berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat. Sebagai sarana berserikat untuk menyatukan berbagai kesamaan, organisasi masyarakat dipilih oleh bangsa Indonesia untuk dijadikan wadah dalam berpartisipasi mewujudkan pembangunan nasional demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Mengeluarkan atau menyampaikan pendapat adalah menyampaikan sesuatu apa yang menjadi kepentingan, kehendak ataupun suatu harapan.
Yang perlu digaris bawahi disini adalah bahwa kemerdekaan dalam mengeluarkan pendapat bukanlah kemerdekaan tanpa batas, tetapi bebas dengan memperhatikan aturan hukum yang berlaku.Dalam hal mewujudkan demokrasi pada tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara hendaknya setiap indivdu berpedoman pada asas keseimbangan antara hak dan kewajiban sehingga dalam pelaksanaannya akan mendapatkan manfaat dan partisipasi serta kreativitas dalam berdemokrasi yang dilakukan dapat tercapai.
Saat ini sering kita jumpai organisasi masyarakat yang menyampaikan pendapat dimuka umum untuk menunjukkan peran aktifnya dalam mewujudkan kebebasan dalam bernegara. Tetapi yang disayangkan terkadang kebebasan tersebut disalah artikan sebagai sesuatu hal mutlak tanpa ada batasan tertentu hingga ada oknum Ormas yang melakukan tindak pidana dan atau kekerasan terhadap aparat keamanan yang mengawal aksi penyampaian pendapat.
Di Kabupaten Lampung Utara salah satu Organisasi Masyarakat yang telah terbentuk adalah Keluarga Besar Tentara dan Masyarakat yang disingkat dengan KBTM. Pada pertengahan Mei 2018 oknum ormas KBTM telah terlibat dalam sebuah insiden kekerasan terhadap seorang Anggota TNI dari Kodim 0412 LU. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui proses penyidikan oleh Polri terhadap oknum ormas yang melakukan kekerasan kepada aparat keamanan dalam kegiatan menyampaikan pendapat dimuka umum dan untuk mengetahui akibat hukum bagi oknum organisasi masyarakat yang melakukan kekerasan terhadap petugas keamanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Oknum ormas yang melakukan kekerasan kepada aparat keamanan dalam kegiatan menyampaikan pendapat dimuka umum akan mendapat tindakan hukum berupa penyidikan oleh Polri dan, 2. Oknum ormas yang melakukan kekerasan terhadap aparat keamanan tersebut akan menerima suatu akibat hukum.
Dalam mendapatkan data-data yang diperlukan pada penelitian ini penulis menerapkan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan normatif untuk kemudian disusun menurut sistematika yang telah ditetapkan dalam penelitian guna memudahkan peneliti dalam menginterpretasikan data.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:59
Last Modified: 14 Dec 2021 02:59
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item