Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa Untuk Menekan Dampak Pandemi Covid-19 (Studi di Desa Gunung Besar, Kecamatan Abung Tengah)

Oktiara, Ferra (2021) Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa Untuk Menekan Dampak Pandemi Covid-19 (Studi di Desa Gunung Besar, Kecamatan Abung Tengah). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER FERRA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB 1 FERRA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 2 FERRA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 3 FERRA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 4&5 FERRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
REFERENSI FERRA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Munculnya wabah penyakit menular yaitu Covid-19 memiliki dampak yang besar untuk masyarakat menengah ke bawah. Tentunya dampak sosial dan ekonomi juga ikut berpengaruh bagi tingkat kesejahteraan masyarakat yang disebabkan adanya pembatasan kegiatan ekonomi sehingga berpotensi meningkatkan jumlah masyarakat miskin di Indonesia. Salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah adalah dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-Dana Desa) sebagai upaya membantu masyarakat miskin yang rentan secara ekonomi maupun sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari- hari selama masa pandemi Covid-19. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan penyaluran BLT-Dana Desa untuk menekan dampak pandemi Covid-19 di Desa Gunung Besar serta faktor penghambatnya. Kemudian Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan pendekatan Empiris. Adapun data yang dipergunakan yaitu data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui studi lapangan dan studi pustaka. Sedangkan analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif yakni menjabarkan data dengan sistematika dalam uraian yang lengkap dan tersusun sehingga memudahkan untuk menarik kesimpulan dari permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan penyaluran BLT-Dana Desa di Desa Gunung Besar dilakukan melalui dua gelombang. Namun dapat dikatakan pelaksanaan penyaluran tersebut belum optimal dan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku karena terdapat beberapa faktor penghambat yang terjadi yaitu terhambatnya pelaksanaan penyaluran dari jadwal yang telah ditentukan, masalah nepotisme atau sistem kekeluargaan, terjadinya kesalahan administrasi dan kurang ada transparansi dari pelaksanaan penyaluran, serta potensi kekeliruan karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan. Saran-saran penulis yaitu hendaknya pihak desa lebih adil dan transparan terhadap pendataan dan pengumuman daftar calon Keluarga Penerima Manfaat BLT-Dana Desa dan diperlukan sosialisasi yang lebih mendalam terkait program BLT-Dana Desa bagi seluruh masyarakat di Desa Gunung Besar.

Kata Kunci: BLT, Dana Desa, Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:03
Last Modified: 16 Dec 2021 03:03
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item View Item