Kriminologi

Edrisy, Ibrahim Fikma and Kamilatun, Kamilatun and Putri, Angelina (2023) Kriminologi. pertama ed. Pusaka Media, Bandar Lampung. ISBN 978-623-418-171-5

[img] Text
kriminologi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Istilah kriminologi pertama kali digunakan oleh ahli antropologi Perancis Paul Topinard. Secara umum istilah kriminologi identik dengan perilaku yang tergolong tindak pidana. Tindak pidana di sini mengacu pada kegiatan yang dilarang oleh hukum oleh orang dan/atau lembaga. Pengertian di atas memang tidak bisa disalahkan pada kajian kriminologi yang merupakan bagian dari ilmu yang mempelajari kejahatan.
Dalam pengertian umum, kriminologi adalah kumpulan ilmu yang membahas fenomena kejahatan. Dalam pengertian umum ini, kriminologi adalah kajian (penelitian) dengan pendekatan multidisiplin. Sebagai kajian multidisiplin, metode penelitian tergantung pada disiplin utama. Dalam kaitan ini penjelasan tentang gejala-gejala kejahatan dapat didasarkan pada ilmu-ilmu dasar yang berbeda-beda.
Ahli biologi menjelaskan kejahatan sebagai fenomena biologis, yaitu mencari adanya ciri-ciri biologis yang mempengaruhi perilaku manusia; Ahli indokrinologi meragukan pengaruh besar kelenjar endokrin pada perilaku manusia; Psikolog menjelaskannya dari segi aspek psikologis yang mempengaruhi perilaku manusia; psikiater menjelaskan bahwa gejala kejahatan tersebut mempengaruhi adanya gangguan jiwa pada pelaku kejahatan; Para ahli hukum menyatakannya sebagai perbuatan melawan hukum pidana; dan sosiolog menjelaskannya sebagai fenomena sosial yang merugikan masyarakat.

Item Type: Book
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Hartono
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:01
Last Modified: 08 Feb 2023 04:01
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item