Pengaruh Penggunaan Metode Make a Match terhadap Penguasaan Grammar Siswa dalam Kalimat Pengandaian kelas sebelas di MAN 1 Lampung Utara tahun Ajaran 2016/2017

Bidasari, Catur Sovia (2017) Pengaruh Penggunaan Metode Make a Match terhadap Penguasaan Grammar Siswa dalam Kalimat Pengandaian kelas sebelas di MAN 1 Lampung Utara tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER CATUR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 CATUR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 CATUR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3 CATUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4&5 CATUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENSI CATUR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penguasaan tata bahasa merupakan hal penting yang diperlukan bagi para siswa untuk memahami dan melakukan tugas-tugas dalam proses pembelajaran. Penulis merumuskan masalah dari penelitian ini adakah pengaruh yang berarti dari metode make a match terhadap penguasaan tata bahasa siswa dalam kalimat pengandaian. Siswa memiliki beberapa masalah dalam penguasaan tata bahasa inggris mereka yang masih buruk terutama dalam kalimat kondisional, karena kurang motivasi untuk belajar tata bahasa Inggris secara khusus, mereka juga memiliki kebiasaan buruk dalam belajar tata bahasa, mereka sibuk dengan kegiatan mereka sendiri seperti berbicara dengan teman sekelas mereka , makan di kelas, bermain handphone dan melakukan banyak kegiatan lain selama proses pembelajaran. Jadi penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan metode make a match terhadap penguasaan tata bahasa siswa dalam kalimat pengandaian kelas XI MAN 1 Lampung Utara tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Peneliti memilih dua kelas sebagai sampel. Kelas tersebut adalah XI IIS 3 dan XI IIS 4 dan penelitian ini menggunakan teknik purposive. Kelas pertama yaitu XI IIS 3 yang terdiri 30 siswa sebagai kelas control dan kelas XI IIS 4 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Peneliti melakukan uji coba untuk mengukur validitas dan reliabilitas dari instrumen tes untuk mengetahui instrumen itu valid atau tidak. Setelah validitas dan reliabilitas ditemukan, peneliti melakukan penelitian eksperimental sebanyak lima pertemuan di kelas eksperiment dan kelas kontrol. Kemudian, peneliti memberikan tes conditional sentences dengan tes pilihan ganda di kedua kelas eksperiment dan kelas kontrol dengan 20 soal tes. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tobserved lebih besar daripada ttable (3.136 > 2.002) jadi Ho ditolak and Ha diterima. Dengan kata lain, ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode make a match terhadap penguasaan grammar siswa dalam kalimat pengandaian dikelas sebelas siswa MAN 1 Lampung Utara tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Penguasaan Tata Bahasa, Kalimat Pengandaian, dan Metode
Mencari Pasangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:13
Last Modified: 24 Sep 2021 07:22
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item