Analisis Koherensi pada Novel Cinta Di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas

Sari, Ani Desita (2019) Analisis Koherensi pada Novel Cinta Di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER ANI.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB 1 ANI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB 2 ANI.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB 3 ANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB 4&5 ANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
REFERENSI ANI.pdf

Download (288kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, dibahas masalah koherensi pada Novel Cinta Di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA). Koherensi yang terdapat dalam novel cinta di ujung sajadah terdiri dari lima bagian yaitu, adanya kontinuitas konsep dan relasi yang relevan, adanya perkembangan, tidak ada kontradiksi, perlu ada identitas individual, dan perlunya seleksi fakta yang akan ditampilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan koherensi yang terdapat dalam novel Cinta Di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu membaca dan mencatat. Dari teknik membaca dan mencatat dapat diketahui bahwa data koherensi yang paling dominan adalah koherensi adanya perkembangan pada novel Cinta Di Ujung Sajadah yang berjumlaah 29 kutipaan. Data koherensi sedang dalm penelitian ini adalah koherensi adanya kontinuitas konsep dan relasi yang relevan pada novel Cinta Di Ujung Sajadah yang berjumlah 15 kutipan. Data koherensi yang paling sedikit dalam penelitian ini adalah koherensi perlu ada identitas individual yang terdapat pada novel Cinta Di Ujung Sajadah yang berjumlah 7 kutipan. Dengan demikian, data yang diperoleh adalah data kualitatif tentang koherensi pada novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia dapat digunakan sebagai alternatif bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:26
Last Modified: 30 Nov 2021 03:27
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item