Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Relasi dan Fungsi pada Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019

Mela, Mela (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Relasi dan Fungsi pada Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER MELA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 MELA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 MELA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3 MELA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4&5 MELA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
REFERENSI MELA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnaya hasil belajar matematika siswa. Hal ini dikarenakan siswa merasa kesulitan dalam melakukan aktivitas yang menggunakan pengetahuan sebelumnya ke dalam pembelajaran yang berkaitan dengan pengetahuan baru untuk mengembangkan proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang secara sistematis mampu mendidik peserta didik agar dapat menggunakan pengetahuan yang berkaitan dengan pengetahuan baru, salah satunya yaitu model pembelajaran advance organizer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri atas sembilan kelas dan berjumlah 275 siswa. Setelah dilakukan sampling diperoleh 60 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,88 > ttabel = 2,00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi pada peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kotabumi tahun pelajaran 2018/ 2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:09
Last Modified: 13 Dec 2021 03:09
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item