The Influence of Collaborative Strategy Reading (CSR) toward Students’ Reading Comprehension in Narrative Text at the Ninth Grade Students of SMP Negeri 10 Kotabumi Academic Year 2019/2020

Irianto, Irianto (2020) The Influence of Collaborative Strategy Reading (CSR) toward Students’ Reading Comprehension in Narrative Text at the Ninth Grade Students of SMP Negeri 10 Kotabumi Academic Year 2019/2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
coveririanto.pdf

Download (659kB)
[img] Text
bab1irianto.pdf

Download (184kB)
[img] Text
bab2irianto.pdf

Download (454kB)
[img] Text
bab3irianto.pdf

Download (454kB)
[img] Text
bab4-5irianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
daftarrujukanirianto.pdf

Download (169kB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu aspek yang penting bagi siswa di dalam proses pembelajaran. Melalui membaca, siswa dapat menambah pengetahuan yang dimiliki. Meskipun pada kenyataannya, di dalam proses membaca siswa sering sekali menemukan kesulitan seperti memahami makna di dalam suatu teks bacaan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh signifikan CSR terhadap pemahaman membaca siswa di dalam teks naratif tingkat kesembilan SMP Negeri 10 Kotabumi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian quasi experiment ini dilakukan dengan desain non equivalent control group. Populasinya adalah tingkat kesembilan SMP Negeri 10
Kotabumi yang berjumlah 156 siswa, dan sampel yang diambil secara purposive adalah kelas IX D dengan 31 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B dengan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui tes membaca dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 26 butir soal, yang kemudian dilanjutkan dengan dianalisa melalui uji t. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,523 dan ttable sebesar 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttable sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Pada simpulannya dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan strategy CSR terhadap pemahaman membaca teks narative siswa kelas sembilan SMP Negeri 10 Kotabumi tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Collaborative Strategy Reading (CSR), Pemahaman Membaca dan Naratif Teks.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:44
Last Modified: 02 Dec 2021 07:44
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item