Analisis Semiotik pada Kumpulan Puisi Tirani Karya Taufiq Ismail sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas.

Aghina, Shella (2019) Analisis Semiotik pada Kumpulan Puisi Tirani Karya Taufiq Ismail sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER SHELLA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 SHELLA.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB 2 SHELLA.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB 3 SHELLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB 4&5 SHELLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
REFERENSI SHELLA.pdf

Download (517kB)

Abstract

Karya sastra tidak terlepas dari semiotik yang ditulis oleh seorang pengarang. Semiotik yang diperoleh berdasarkan pengalaman pengarang maupun yang ditemukan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Masalah dari penelitian ini yaitu analisis semiotik pada kumpulan puisi Tirani karya Taufiq Ismail sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan semiotik pada kumpulan puisi Tirani karya Taufiq Ismail sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Semiotik yang dianalisis meliputi ikon, indeks, dan simbol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dibedakan dengan diuraikan semiotik dari kutipan yang terdapat dalam kumpulan puisi Tirani karya Taufiq Ismail. Analisis penelitian ini ditemukan 43 kutipan yang memenuhi kriteria semiotik yaitu ikon sebanyak 12 kutipan, indeks sebanyak 11 kutipan, dan simbol sebanyak 20 kutipan. Hal ini dapat diketahui bahwa semiotik yang paling banyak muncul di kumpulan puisi Tirani karya Taufiq Ismail adalah simbol, sedangkan semiotik yang paling sedikit muncul di kumpulan puisi Tirani karya Taufiq Ismail adalah indeks. Penelitian ini juga menganalisis kumpulan puisi Tirani karya Taufiq Ismail sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas dan teridentifikasi kumpulan puisi Tirani karya Taufiq Ismail dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas dengan memenuhi aspek kebahasaan, aspek psikologi, dan latar belakang sosial budaya sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:48
Last Modified: 14 Dec 2021 02:48
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item