Efektifitas Penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Penanganan Fakir Miskin Dan Anak Terlantar (Studi pada Dinas Sosial Kotabumi Lampung Utara)

Dwi S, Ramadhani (2021) Efektifitas Penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Penanganan Fakir Miskin Dan Anak Terlantar (Studi pada Dinas Sosial Kotabumi Lampung Utara). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER RAMA.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB 1 RAMA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 2 RAMA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 3 RAMA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 4&5 RAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
REFERENSI RAMA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Telah dijelaskan dalam UUD 1945 Pasal 34 Ayat (1) yang menyatakan “fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh Negara” artinya Negara mempunyai kewajiban dan tanggungjawab untuk memelihara fakir miskin dan anak terlantar. Oleh karena itu untuk mematuhi UUD 1945 Kabupaten Lampung Utara membentuk Perda Nomor 13 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Penanganan Fakir Miskin dan Anak Terlantar demi menjamin keberlangsungan hidup yang layak untuk fakir miskin dan anak terlantar tersebut. Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak sekali fakir miskin dan anak terlantar yang ada di Kabupaten Lampung Utara. Hal ini yang menyebabkan timbulnya pertanyaan tentang bagaimana penerapan peraturan daerah tersebut dilaksanakan serta apa saja faktor penghambat dari pelaksanaan peraturan daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan peraturan daerah tersebut dilaksanakan dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dari pelaksanaan peraturan daerah tersebut.

Metode yang penulis gunakan pada penelitian ini ialah pendekatan empiris. Yaitu: pendekatan yang penulis lakukan dengan cara mengumpulkan informasi tentang keadaan fakir miskin dan anak terlantar secara langsung atas implementasi terkait Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 13
Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Penanganan Fakir Miskin dan Anak Terlantar. Jenis data yang penulis gunakan ialah data primer dan sekunder, data tersebut penulis dapatkan dari studi dokumen, kepustakaan dan hasil wawancara. Kemudian penulis melakukan analisis secara kualitatif, dan setelah itu dilakukan hasil pengamatan dari observasi tersebut.

Berdasarkan penelitian di atas, diperoleh kesimpulan bahwa Peraturan Daerah tersebut sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh dinas sosial, misalnya: memberikan pelatihan dan bantuan dana kepada fakir miskin dan anak terlantar. Tetapi, penerapan yang dilakukan masih belum berjalan secara maksimal karena tidak ada kontrolisasi ulang terhadap fakir miskin dan anak terlantar yang telah ditolong, kemudian tidak ada juga sanksi yang tegas untuk mereka yang telah menyia-nyiakan pertolongan yang diberikan dari dinas sosial.

Kata Kunci : Penerapan Peraturan Daerah, Fakir Miskin, Anak Terlantar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > S-1 Hukum
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:58
Last Modified: 16 Dec 2021 02:58
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item