Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di SMA Negeri 1 Abung Semuli Tahun Ajaran 2020/2021

Larasanti, Nuri (2021) Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di SMA Negeri 1 Abung Semuli Tahun Ajaran 2020/2021. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER NURI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 NURI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 NURI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3 NURI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4&5 NURI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENSI NURI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu pendidik dalam menyampaikan pesan ketika proses pembelajaran. Melalui media pembelajaran pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Media pembelajaran yang sesuai dapat mempermudah peserta didik memahami materi. Namun dalam proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri
1 Abung Semuli berupa Portable Document Format (PDF). Penggunaan media ini kurang menarik sehingga membuat peserta didik sulit untuk memahami materi. Peserta didik tidak dapat mencari secara cepat bagian materi yang ingin dipelajari. Salah satu inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Macromedia Flash 8. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Macromedia Flash 8 pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design yang tergolong dalam penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X siswa SMA Negeri
1 Abung Semuli Tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini yaitu X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berbentuk tes pilihan ganda. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf
signifikan (a) = 0,05 yang diperoleh thitung = 2,729 dan ttabel = 2,016. Ternyata thitung > ttabel hal ini mengakibatkan H0 ditolak. Berdasarkan hasil
perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
Macromedia Flash 8 pada pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers di SMA Negeri 1
Abung Semuli Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Macromedia Flash 8, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:34
Last Modified: 14 Sep 2021 06:34
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item