Pengaruh Menggunakan Perhatian Relevansi Kepercayaan dan Kepuasan (ARCS) Model Terhadap Kemampuan Menulis Siswa dalam Teks Recount di Kelas Sepuluh dari MAN 2 Lampung Utara Tahun Akademik 2019/2020.

Jannah, Silfia Miftahul (2020) Pengaruh Menggunakan Perhatian Relevansi Kepercayaan dan Kepuasan (ARCS) Model Terhadap Kemampuan Menulis Siswa dalam Teks Recount di Kelas Sepuluh dari MAN 2 Lampung Utara Tahun Akademik 2019/2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

[img] Text
COVER SILFIA.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB 1 SILFIA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2 SILFIA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 3 SILFIA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 4&5 SILFIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENSI SILFIA.pdf

Download (163kB)

Abstract

Kemampuan untuk menulis teks adalah salah satu tujuan dalam belajar bahasa inggris. Namun, siswa sering menemukan banyak kesulitan dalam menulis teks seperti menulis teks recount. Banyak siswa tidak mampu membuat sebuah paragraf yang baik terutama menceritakan teks. Siswa sulit untuk mengetahui bagaimana mengembangkan ide-ide mereka dan bagaimana untuk menempatkan ide-ide mereka dalam urutan yang tepat. Mereka tidak dapat menulis dengan baik karena kosakata yang rendah, tata bahasa yang tidak memadai, kesulitan dalam menghasilkan ide dan kurangnya metode yang efektif digunakan oleh guru dalam pengajaran menulis. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tentang kemampuan menulis siswa. Dalam penelitian ini, peneliti memilih Attention Relevance Confidence and Satisfaction (ARCS) Model sebagai metode untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Attention Relevance Confidence and Satisfaction ( ARCS) Model terhadap kemampuan menulis text recount siwa di kelas X MAN 2 Lampung Utara tahun ajaran 2019/2020. Kelas X MIA 1 dan X MIA 2 dipilih sebagai sampel melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis desain kuasi eksperimental dari desain kelompok kontrol yang tidak setara. Kelas eksperimen (XMIA2) di ajarkan dengan menggunakan metode Attention Relevance Confidence and Satisfaction (ARCS) model. Sementara (XMIA1) tidak diajarkan melalui metode Attention Relevance Confidence and Satisfcation (ARCS) Model. Setiap kelas terdiri 30 siswa. Instrumen penelitian adalah pre-test and post-test, untuk mendapatkan data penilitian antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis data, t-hitung lebih tinggi dari t-tabel, t-hitung adalah 2.674 dan t-tabel pada tingkat signifikan 0,05 (62) adalah 2.0024. Selain itu, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol, yaitu 68,8 untuk kelas eksperimen dan 49,9 untuk kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis, itu membuktikan bahwa ada pengaruh menggunakan Attention Relevance Confidence and Satisfaction (ARCS) Model terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks recount di kelas X MAN 2 Lampung Utara tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Jefri Ramdani
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:13
Last Modified: 13 Dec 2021 07:13
URI: http://repository.umko.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item